Kamis, 28 Desember 2017

BIRRUL WALIDAIN SEPENINGGAL KEDUA ORANG TUA

Sesungguhnya birrul walidain bukan saat keduanya masih hidup, tapi juga berlanjut saat keduanya sudah tiada. Apa saja bentuk berbuat baik kepada orangtua pasca keduanya tiada Dari Abu Usaid Malik bin Rabi'ah As-Sa'idiy, ia berkata : Pada suatu waktu kami duduk di samping Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam, tiba-tiba datanglah seorang laki-laki dari Bani Salamah, lalu bertanya,

يَا رَسُولَ اللَّهِ هَلْ بَقِيَ مِنْ بِرِّ أَبَوَيَّ شَيْءٌ أَبَرُّهُمَا بِهِ بَعْدَ مَوْتِهِمَا؟ قَالَ نَعَمْ الصَّلَاةُ عَلَيْهِمَا وَالِاسْتِغْفَارُ لَهُمَا وَإِنْفَاذُ عَهْدِهِمَا مِنْ بَعْدِهِمَا وَصِلَةُ الرَّحِمِ الَّتِي لَا تُوصَلُ إِلَّا بِهِمَا وَإِكْرَامُ صَدِيقِهِمَا

_"Wahai Rasulullah, apakah masih ada kesempatan untuk aku berbuat baik kepada kedua orangtuaku setelah mereka meninggal?” Beliau menjawab, “Ya. Mendoakan dan memintakan ampunan untuk keduanya, melaksanakan janji keduanya sesudah meninggal, menyambung jalinan silaturrahim mereka dan memuliakan teman mereka.”_ (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Ahmad)

Lima perkara yang hendaknya dilakukan anak untuk kedua orang tuanya yang sudah meninggal dunia, yaitu:

1. Mendoakan kebaikan untuk keduanya,
Termasuk di dalamnya melaksanakan shalat jenazah keduanya. Intinya memohon kepada Allah agar Allah merahmati keduanya. Dan ini bentuk amal baik kepada orang tua saat mereka masih hidup maupun sudah meninggal. Jika Allah merahmati berarti Allah melimpahkan semua bentuk kebaikan kepada keduanya dan menghindarkan berbagai keburukan dari keduanya.

2. Istighfar untuk keduanya:
Memohonkan kepada Allah agar mengampuni dosa-dosa keduanya. Ini merupakan kebaikan paling utama sesudah mereka meninggal.

3. Menunaikan janji keduanya setelah meninggal
Berarti melaksanakan wasiat keduanya. Maka bagi anak, baik laki-laki atau perempuan untuk melaksanakan wasiat keduanya jika sesuai syariat.

4. Menyambung silaturahim (hubungan kekerabatan) keduanya,
Yaitu berbuat baik kepada paman dan bibi dari jalur ayah maupun ibu, kerabat-kerabat mereka. Berbuat baik kepada mereka dan menyambung kekerabatan mereka termasuk memuliakan orang tua.

5. Memuliakan teman-teman keduanya;
Termasuk kawan karibnya, rekan kerjanya, kerabatnya keduanya. Seorang anak-anak menghormati dan memuliakan mereka, di antaranya dengan berkata sopan dan baik kepada mereka, menjenguk saat mereka sakit, membantuk saat kesusahan, member hadiah, dan semisalnya.
   

Kedahsyatan Do'a seorang ibu :

• Doa Ibu itu seperti doa Nabi kepada ummatnya.
• Doa Ibu mendatangkan kemuliaan.
• Doa Ibu dapat menolak fitnah.
• Doa Ibu mengantarkan pada kesuksesan.
• Doa Ibu dapat menyelamatkan Jiwa.
• Doa Ibu menjadikan husnul Khatimah.
• Doa Ibu membukakan pintu Rejeki.‎
• Doa Ibu menyehatkan keluarga.
• Doa Ibu sumber kekuatan batin.
• Doa Ibu pintu hidayah sepanjang jalan.

Jika ibu kita masih hidup, sayangilah ia selalu dan mintalah Anda didoakan, karena tidak ada yang sedahsyat doa ibu. Dalam kesempatan ini, marilah kita doakan Ibu kita, baik bila beliau masih hidup, maupun jika sudah tiada.

“Ya Allah, kami memohon, berilah karunia kepada ibu kami pahala atas perjuangan mereka dahulu dalam mendidik kami; Berilah mereka pahala atas jasanya menanamkan rasa cinta kami kepada-Mu dan Rasul-Mu; Balaslah pula setiap usaha mereka untuk menghidupi dan memelihara kami dengan sebaik-baik balasan; Berilah mereka bagian terbesar pahala atas kebaikan yang kami lakukan, atas shalat, puasa, haji dan sedekah kami yang Engkau terima; Berilah pula mereka pahala beribadah kepada-Mu atas ibadah-ibadah yang tidak sempat mereka kerjakan karena sibuk mengurus kami; Maafkanlah pula segala kekurangan mereka dalam beribadah kepada-Mu karena kesibukan mendidik kami sejak kami masih kecil”.

Ya Allah... ampunilah dosa-dosaku dan dosa kedua orangtuaku. Sayangilah mereka sebagaimana mereka telah menyayangiku dan mendidikku di waktu kecil. Amin Amiin Yaa Rabbal Alamiin.

Nasehat indah dari Sahabat,

• Bila Hidup hendak Selamat, kepada ibu hendaklah taat ;
• Bila hidup hendak terhormat, kepada ibu wajiblah hormat ;
• Bila hidup Hendak berkah, kepada ibu hendaklah ramah
• Bila hidup hendak terpandang, pada ibu berkasih sayang  ;
• Bila hendak di rahmati Allah, kepada ibu hendaklah sopan ;
• Bila hendak menjadi orang, nasehat ibu hendaklah dipegang ;‎
Wallahul muwaffiq ila aqwamith thariq.
  
🍃  Selamat hari IBU       
Untuk semua perempuan Indonesia, khususnya yang sudah menjadi Ibu maupun calon Ibu, Selamat Hari Ibu, semoga Allah Swt senantiasa memuliakan Anda semua, kaum Ibu di dunia dan akhirat. Semoga kita semua mendapatkan Taufik, Hidayah dan Rahmat dari Allah. Aamiiin Ya Rabbal Aalamiin
                       •══◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎══•

Tidak ada komentar:

Posting Komentar