Selasa, 22 Agustus 2017

IRONI DI TENGAH EUFORIA NASIONALISME

Potensi SDA yang begitu besar belum berhasil mengentaskan seluruh rakyat negeri ini dari kemiskinan. Penguasaan blok Cepu oleh swasta asing Exxon Mobile, menunjukkan Indonesia tidak memiliki kedaulatan energi. Alih-alih sebagai pengekspor energi, ketahanan energi dalam negeri saja sangat ringkih. Ironi di tengah euforia nasionalisme yang membumbung saat peringatan kemerdekaan Indonesia.

Pemerintah saat ini sama sekali tidak memiliki political will dalam berketahanan energi atau berkedaulatan energi. Padahal, energi masih merupakan eksponen penting bagi sebuah negara. Siapa yang menguasai energi, maka dia bisa menguasai dunia.

Pemerintah harus berprinsip state basic management dalam bidang energi, pengelolaan berbasis negara. Sebagaimana barang-barang kategori hajat hidup orang banyak. Pertamina sangat mampu melakukan eksplorasi dan eksploitasi, terbukti berpengalaman puluhan tahun.

Pemerintah jangan kalah dengan mafia migas. Pemerintah jangan bermental makelar. Kembalikan blok Cepu kepada kami, rakyat Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar