Rabu, 13 Desember 2017

MODUS KECUANGAN SPBU

Copas dari grup sebelah.

Izinkan saya (Renan Maulana) numpang berbagi pengalaman di sini tentang kecurangan para oknum petugas di SPBU.

Harapan saya dengan adanya tulisan ini, tidak ada lagi yang tertipu atau dicurangi ketika mengisi bensin di SPBU dengan label "pasti pas".

Kejadiannya sekitar seminggu lalu saya bawa mobil saudara ke Jakarta. Saya isi bahan bakar di salah satu SPBU, (sengaja saya tidak sebutkan nama dan lokasi SPBU tersebut takutnya nanti dikira pencemaran nama baik.)

Kebetulan saat itu yang bawa mobil kakak saya jadi saya duduk di kursi belakang. Kakak saya langsung nyodorin uang 100 ribu ke petugasnya.

saya ga turun dari mobil, tapi saya perhatikan argo di mesin pengisiannya. Saat argo mendekati angka 80 ribu tiba-tiba tuh angkanya loncat langsung ke angka 100 ribu. Kakak saya ga nyadar tentang kejadian itu tapi sepontan saya langsung protes keras.

"Pak itu kok argonya langsung loncat dari 80 ribu ke angka 100 ribu?"
Si petugasnya langsung bilang, "Bener kok udah 100 ribu"

Terus saya minta struknya, setelah keluar struk baru tuh keliatan di struk tertulis Rp.80.075. Lalu petugasnya ngembaliin duit 20 ribu sambil bilang gini sambil mukanya gugup, "Wah maaf pak mungkin mesinnya sedang rusak"

Selang dua hari saya ke Jogja bawa motor matic isi bensin di salah satu SPBU di Jogja. (Saya tidak publikasikan nama SPBU dan lokasinya). Saya isi bensin 10 ribu, setelah saya perhatiin argonya, eh terulang lagi kejadian di SPBU jakarta kemaren dari angka 8 ribu langsung loncat ke 10 ribu. Kali ini saya diem dan nggak protes karena saya pikir cuman duit 2 ribu ini lagian di belakang yang antri banyak banget, karena kebetulan jam pulang kerja.

Saya mikir "Jangan-jangan banyak petugas SPBU yang melakukan perbuatan "nakal ini.."  Akhirnya rasa penasaran saya terjawab saat lagi makan di angkringan dekat SPBU tempat saya ngisi bensin motor saya dimana saat itu ada petugas SPBU yang kebetulan juga makan di angkringan itu ngobrol dengan pedagang angkringannya. Mereka ngobrolin tentang side job itu. Mereka ngobrol pake bahasa daerah yang intinya begini:
1. Argo di SPBU emang bisa di-design/diakali untuk langsung loncat ke angka tertentu.
2. Carannya dengan loncatnya angka di argo dengan catatan kalo buyer-nya isi bensin dengan nominal yang umum semacam 10 ribu,15 ribu, 20 ribu, 50 ribu, 100 ribu dsb.
3. Yang ngisi bensin cuek ga liat argonya.
4. Kalo buyernya beli diangka yang nominalnya enggak umum, nggak bisa diakali semisal 13 ribu, 21 ribu, 106 ribu.

Jadi setelah itu saya menyimpulkan kalo mau isi bensin saya mending isi diangka yang ga pas semacam 11 ribu, 19 ribu dsb
Mungkin kita memang susah ngilangin budaya korupsi di negara ini. Tapi seenggaknya kita bisa meminimalisir tindakan korupsi dan tidak berbuat korupsi. Saya cuman nyaranin buat para pengguna media sosial yang memperhatikan saran sbb:
1. Kalo isi bensin pantengin tuh argo.
2. kalo bisa isi di nominal yang ga biasa seperti 11ribu, 23ribu dll.
3. kalo petugasnya maenin handle suruh lepas tuh handle-nya
Semoga sedikit tulisan saya ini bermanfaat untuk banyak orang.

Hanya jika berkenan, tolong bantu dishare cerita pengalaman ini biar banyak yang baca. Biar ngga ada lagi rupiah hasil keringat yang dicurangin. Kasihan mereka yang penghasilannya tak seberapa tapi ditipu oleh oknum tidak bertanggungjawab.. semoga bermanfaat.. dan waspadalah !!!

Pesan Moralnya adalah :
Jika ingin mengisi Bensin pilihlah angka yang Ganjil, seperti : Rp 101 rb,  Rp 51 rb, Rp 72 rb, bebas-bebas aja, dll. Karena angka yang ganjil di atas tidak bisa direkayasa mesinnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar