Kamis, 21 Desember 2017

PERBANDINGAN KECEPATAN INTERNET 4G MOBILE


(credit : vizerweb.com)
Perbandingan kecepatan 4 G operator Tri, Indosat, XL, Smartfren, Dan telkomsel. Pada eksperimen ini saya membandingkan kecepatan 4G nya saja dan tidak membandingkan 3G dan 2G nya. 

Teknologi 4G LTE Indosat menjadi standar dalam layanan seluler di Indonesia pada tahun 2017. Semua operator seluler di dalam negeri telah menerapkannya mampu memberikan kecepatan transfer data hingga 300 mbps. Meski telah menerapkan standar telekomunikasi yang serupa, namun penerapan dan kemampuan jaringan 4G yang dimiliki tiap operator seluler tidaklah sama. Perbedaan tersebut tak hanya meliputi cakupan wilayah yang telah terlayani dengan jaringan 4G, tapi juga kecepatan data maksimal yang bisa diakomodasi tiap operator seluler serta kinerja jaringan sesungguhnya yang dirasakan konsumen di lapangan.

1. TRI

Walau operator kecil tapi jangan salah bilang kecepatan dan penggunanya adalah paling tercepat tetapi tidak semua daerah akan mendapatkan sinyalnya. Pemakaian penggunaan pada operator tri ini sangat banyak. Pernah dikatakan di detikCom, Tri operator terbanyak Penggunanya sebanding dengan Telkomsel.

Untuk kecepatannya di jaringan 4G LTE ini sangat wuzzz atau cepat banget sob, bisa dikatakan Lebih cepat dibanding Indosat, XL, dan Smartfren tetapi masih kalah dengan Telkomsel. Pernah saya coba cek menggunakan Speedtest.net bisa tembus sampai 27Mb/s di Bekasi, Jakarta Dan Tanggerang 

2. XL & AXIS

Operator yang Sudah lumayan besar menurut saya karena jaringan yang lumayan luas, hampir semua daerah sudah ada sinyalnya di banding dengan Tri.

Kenapa saya gabungkan XL dan Axis ? Karena operator ini sudah menyatu atau Axis sudah dibeli oleh XL karena bangkut (mungkin) 😂 jadi sinyalnya menyatu ke XL. Kecepatan 4G pada XL pernah tembus 20Mb/s di Jakarta dan bekasi menggunakan speedtest.net

3. INDOSAT

Berganti nama menjadi Indosat ooredo tetapi jangkauan tetap stabil. Sinyal pada Indosat sangat kuat tetapi kadang sering Tidak jalan jika pada malam hari. Sinyalnya sudah sangat luas. Hampir sama dengan XL. Hanya berda kecepatan pada internet saja. Pernah tembus sampai 17Mb/s di Bekasi

4. SMARTFREN

Jaringan yang sangat luas dan hampir semua daerah dapet sinyalnya. Walau di pedesaan atau jarang ada sinyal tetapi Smartfren ini tetap sangat stabil dan mendapat sinyalnya lamanya Telkomsel. Cocok buat kamu yang suka jalan jalan atau tinggal di desa. Kecepatannya di tahun ini sangat turun karena ada perbaikan kecepatan karena sudah banyak yang memakai Smartfren. Di frekuensinya di tambah banyak. Kecepatannya pernah tembus sampai 7Mb/s di banding, sawarna, Bogor dan Jakarta. Untuk Bekasi hanya sampai 3Mb/s

5. TELKOMSEL 

Adalah operator terbesar se-Indonesia yang sinyalnya sangat luas dan semua daerah Indonesia akan kebagian termasuk Papua.

Kecepatan internetnya juga gak tanggung tanggung. Sangat cepat sekali yaitu tembus 34Mb/s di Jakarta. Cocok buat kamu yang sudah berkantor karena paketannya yang sangat mahal. 

Sebagai perbandingan lainnya Berikut adalah hasil uji komparasi jaringan 4G dari lima operator seluler yang dilakukan "techinasia" di lima daerah di Jakarta :

1. TELKOMSEL

(credit : techinasia)

Jaringan 4G LTE Telkosel terluas di Indonesia. Berdasarkan situs resminya per September 2017, Telkomsel mengklaim telah menyelimuti 480 kota di seluruh Indonesia dengan jaringan 4G. Bahwa jaringan 4G yang beroperasi pada frekuensi 900 dan 1.800 MHz miliknya mampu melayani kecepatan download hingga 100 Mbps. Namun menurut penelitian yang dilakukan oleh lembaga riset telekomunikasi internasional OpenSignal, rata-rata kecepatan download yang diakses oleh tiap penggunanya. Kecepatan internet Telkomsel di sejumlah daerah di Jakarta. Kecepatan download tertingginya adalah 15,59 Mbps, untuk upload  berhasil menyentuh 20,1 Mbps. 

Secara keseluruhan memiliki jaringan yang cukup stabil  upload maupun download. Cocok  juga untuk pekerja yang kerap berada di luar kantor dan juga content creator yang kerap melakukan streaming atau upload video.

2. INDOSAT OOREDOO

(Image credit : techinasia)

Pelopor penyedia jaringan telekomunikasi seluler di Indonesia ini mengoperasikan jaringan 4G miliknya di frekuensi yang serupa dengan Telkomsel. Indosat Ooredoo mengklaim memiliki salah satu teknologi 4G tercepat di Indonesia dengan jaringan bernama “SUPER 4G-LTE” miliknya. Indosat Ooredoo telah mengadopsi teknologi 4.5G yang mampu melayani download dengan kecepatan hingga 185 Mbps serta upload dengan kecepatan hingga 41 Mbps. Meski memiliki kemampuan jaringan yang cukup luar biasa, OpenSignal mencatat kemampuan jaringan Indosat Ooredoo secara rata-rata hanya memberikan kecepatan unduhan sebesar 10 Mbps kepada penggunanya.

Dari hasil pengujian techinasia, di empat kawasan Jakarta Indosat cenderung berada pada kecepatan yang tidak bisa dibilang tinggi. Terbukti dengan di tiga titik pengujian kecepatan download yang berhasil kami dapatkan hanya kurang dari 2 Mbps. Namun rasanya, kamu tetap masih bisa bekerja secara mobile dengan internet pada kecepatan tersebut.

3. XL Axiata

(Image credit : techinasia)

Layanan telekomunikasi seluler swasta pertama di Indonesia ini sebagai operator yang memelopori implementasi jaringan 4G di Indonesia. Pertama kali diuji coba di Lombok pada tahun 2015, kini XL Axiata mengklaim telah melayani 330 kota di seluruh Indonesia dengan jaringan 4G miliknya, dan melengkapi beberapa kota terpilih dengan teknologi 4.5G yang memiliki kecepatan lebih tinggi.

Jaringan 4G milik XL Axiata diklaim mampu menangani kecepatan download hingga 100 Mbps. Sayangnya, jaringan 4G XL Axiata terpusat di kota-kota besar di Indonesia meski dengan kecepatan download rata-rata tertinggi di Indonesia hingga mencapai 12 Mbps menurut laporan dari OpenSignal.

Hasil pengujian techinasia di lapangan? Performa XL cenderung tidak merata. Ada yang cukup baik sampai mendapat kecepatan  download dan upload yang nyaris seimbang di kisaran 10 sampai 11 Mbps, namun ada yang rata-rata kecepatannya di bawah kebutuhan minimal sehingga kemungkinan berpotensi mengganggu produktivitas bekerja dengan internet secara mobile.

4. Smartfren

(Image credit : techinasia)

Operator telekomunikasi milik Sinar Mas Group ini sebelumnya mengoperasikan jaringan seluler dengan teknologi CDMA. Smartfren juga merupakan operator seluler pertama di Indonesia yang mengoperasikan jaringan 4.5G, dengan memanfaatkan teknologi Time Division Duplex (TDD) dan Frequency Division Duplex (FDD) yang memberikan kecepatan download hingga 300 Mbps.

Meski mengoperasikan teknologi 4.5G yang tampak fantastis di atas kertas, namun cakupan jaringan Smartfren masih sebagian besar baru tersedia di belahan Barat Indonesia seperti Jawa dan Sumatera. Rata-rata kecepatan download aktual yang bisa diakses pelanggan pun “hanya” mencapai 7 Mbps menurut OpenSignal.

Di atas kertas terlihat cukup menjanjikan, ternyata kemampuan  download Smartfren justru di atas rata-rata. Kecepatan download di banyak titik pengujian melewati 5 Mbps bahkan angka tertingginya mencapi 40 Mbps.

Hanya satu titik pengujian saja yang hasilnya tidak begitu menggembirakan. Meski begitu, kemampuan uploadnya tidak berbanding lurus dengan angka terendah ada di 0,09 Mbps. Kamu yang banyak berurusan dengan aktivitas streaming atau hal lain yang membutuhkan kecepatan unggah tentunya perlu memperhatikan hal ini.

5. Tri Indonesia

(Image credit : techinasia)

Anak perusahaan dari CK Hutchison Holdings, konglomerat Hong Kong yang bergerak di bisnis telekomunikasi hingga infrastruktur global, Tri Indonesia termasuk salah satu operator seluler muda di tanah air. Sejak memulai operasinya pada tahun 2007 di Jakarta, Tri Indonesia kini telah menjangkau 227 kota/kabupaten di seluruh nusantara.

Per September 2017, Tri juga telah menyediakan jaringan 4G pada berbagai pulau besar di Indonesia, seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, serta Sulawesi. Tri Indonesia mampu melayani kecepatan  download hingga 36 Mbps berdasarkan keterangan yang mereka sebutkan pada peluncuran jaringan 4G LTE di tahun 2015 l Sebagai salah satu operator seluler yang terkenal dengan harga bersahabat, performa upload dan download yang dihasilkan standar. Kami mendapatkan kecepatan tertinggi 6,1 Mbps untuk download dan 8,4 Mbps untuk upload. Ini artinya kecepatan yang ditawarkan sekadar cukup untuk menunjang aktivitas bekerja yang membutuhkan internet saat kamu harus berada di luar kantor.

Nah sekarang masuk ke kesimpulan.

• Buat yang masih pelajar lebih baik memakai kartu Tri, XL & axis, atau Indosat karena paketan yang tidak terlalu mahal. Untuk yang berkantor lebih baik memakai kartu Telkomsel atau Indosat.

Untuk kesimpulan kecepatan pada operator yang saya sebutkan di atas adalah Tri, walau operatornya kecil tetapi sangat kencang sekali, berbeda dengan Daerah lainnya. Paketan yang murah juga membuat operator ini sangat cocok buat yang masih pelajar.

Referensi : 

• Techinasia

• Opensignal

 • Vizerweb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar