Selasa, 12 Desember 2017

TRIK MENINGATAN KECERDASAN OTAK

Apakah pintar itu? Beberapa orang menilai kecerdasan dengan tolok ukur standar seperti nilai ujian dan indeks prestasi di atas rata-rata. Orang lain berpikir bahwa pintar itu berhubungan dengan akal sehat, seperti kemampuan memecahkan masalah sehari-hari. Tidak semua orang terlahir pintar, tapi ternyata kecerdasan manusia dapat ditingkatkan.

Kita tahu bahwa otak merupakan organ penting bagi tubuh kita. Tanpa otak, kita tidak bisa berbuat apa-apa. Maka itu, otak perlu dijaga dan dilatih supaya terus aktif. Karena dengan aktifnya otak, kita tidak akan bertindak ceroboh. Berbeda dengan otak malas, otak yang malas cenderung ogah-ogahan untuk berfikir, akhirnya melakukan pekerjaan dengan asal-asalan dan hasilnya pun buruk.

Makin dilatih, otak kita pasti bisa semakin tajam ingatannya. Kehilangan daya ingat dalam jumlah tertentu pada usia berapa pun adalah wajar, sama seperti terjadinya perubahan pada organ tubuh lain. Yang terpenting, jangan malas untuk rajin melatih otak kita agar daya ingat tetap kuat sepanjang masa.

Setiap orang tentu ingin memiliki otak yang cerdas dan aktif. Namun, seringkali keinginan itu hanyalah sebuah keinginan belaka. Terkadang kita merasa malas untuk melatih otak supaya terus berfikir. Padahal, melatih otak tidaklah sulit, kita hanya perlu berlatih, berlatih, dan terus berlatih, lama-kelamaan otak akan terbiasa untuk berfikir, sehingga kita tidak berketergantungan kepada orang lain ataupun teknologi.

Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan kecerdasan:

1. Meditasi
Sudah ribuan tahun, kita sudah tahu manfaat meditasi. Praktek meditasi dapat berbeda untuk setiap orang, tetapi umumnya melibatkan ketenangan dan latihan pernapasan yang terfokus pada kondisi ketenangan mental. FMRI scan juga mengungkapkan bahwa meditasi teratur akan mempengaruhi struktur otak. Satu studi menunjukkan bahwa meditasi setiap hari secara teratur dapat meningkatkan ukuran bagian-bagian dari korteks serebral. Tak heran, beberapa perusahaan terkemuka dunia berpikiran maju dengan menawarkan kelas meditasi bagi karyawan mereka.

2. Melatih otak
Otak, seperti banyak bagian tubuh manusia, perlu olah raga teratur untuk menjaga kekuatan dan vitalitas. Beberapa latihan penguatan otak umumnya meliputi kegiatan yang menyenangkan seperti mengisi teka-teki silang, sudoku, dan permainan asah otak lainnya. Ada cara yang lebih akademis lain juga, seperti menyelesaikan masalah matematika dan latihan yang berkaitan dengan hubungan spasial dan geometri. Bahkan hanya membaca dengan membaca postingan ini juga memberikan otak Anda sedikit latihan.

3. Tidur yang cukup
Gangguan tidur diketahui bisa memperburuk masalah otak, sehingga masuk akal bahwa tidur malam yang baik dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan kemampuan untuk fokus. Ini bervariasi dari orang ke orang, tetapi antara enam dan delapan jam tidur untuk orang dewasa aumumnya direkomendasikan.

Setiap orang tentu memiliki waktu yang berbeda ketika tidur. Contohnya guru, seorang guru yang bekerja di pagi hari tentu berbeda jam tidur yang berbeda dengan hansip yang bekerja pada malam hari. Idealnya setiap manusia membutuhkan waktu tidur selama 8 jam perhari dan ditandai dengan rasa bugar ketika bangun tidur, itulah tidur yang cukup. Selain itu, kurang tidur juga akan menimbulkan kerusakan jaringan otak, hal ini ditandai oleh susah berfikirnya otak. Maka itu, mulai dari sekarang perbaiki kualitas tidurmu, buat senyaman mungkin kamar tidurmu.

4. Menjaga badan. 
Tubuh manusia semua terhubung satu sama lain, sehingga kita tidak bisa menjaga salah satu bagian dari itu tanpa manfaat beberapa bagian lain. Latihan fisik adalah penting bagi kesehatan baik untuk tubuh dan otak. Cukup hanya dengan meningkatkan aliran darah kita dapat meningkatkan oksigen dan kadar glukosa di otak. Makanan juga penting dan ada banyak makanan yang telah dikaitkan dengan kesehatan otak, termasuk minyak ikan, telur, protein dan sayuran hijau. The hijau, teh herbal dan kacang-kacangan juga baik untuk "makanan otak."

5. Mandi dengan menutup mata
Terkadang kita merasa malas untuk melakukan hal yang dominan. Hal ini disebabkan oleh rasa bosan ketika melakukan suatu hal yang sering dilakukan sehari-hari. Maka itu, cobalah untuk melakukan hal yang tidak biasa, misalnya mandi dengan menutup mata. Mandi dengan menutup mata dapat meningkatkan daya ingat otak anda serta membugarkan tubuh. Hal ini telah terbukti berdasarkan jurnal Alternative and Complementary Therapies.

6. Jangan berketergantungan dengan Teknologi
Di dalam teknologi terdapat EMF (elektromagnet field) yaitu jenis radiasi yang non-ionisasi, atau radiasi yang energinya bahkan tidak cukup untuk mengionisasi atom atau mengeksitasi elektron, berbeda dengan radiasi uranium, yang merupakan radiasi ionisasi. Selain itu, teknologi seperti smartphone juga dapat membuat otak seseorang menjadi malas, contohnya seorang siswa yang diberikan PR, bukannya mengerjakan, malah searching di Google. 

Hal ini membuktikan bahwa kecanggihan suatu teknologi dapat membuat otak menjadi malas. Jadi, mulai sekarang latih otakmu untuk berfikir tentang suatu hal, misal jika anda punya sebuah masalah, pikirkan bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut.

7. Hindari mengonsumsi MSG berlebihan
MSG sebaiknya digunakan sebanyak setengah sendok vetsin saja. Namun, pada era globalisasi sekarang ini, orang seperti dibohongi. Mereka mencicipi sebuah makanan, lalu ia berkata makanan itu sangat lezat, padahal makanan itu biasa saja. Hal ini jelas membuktikan bahwa MSG dapat mengubah pola pikir seseorang.  Selain itu, MSG atau yang biasa disebut mecin sangatlah berbahaya bagi kesehatan, salah satunya adalah dapat memperlambat perkembangan otak, hal ini akan menyebabkan otak sulit untuk berfikir. Jadi, upayakan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi MSG, dan sebaiknya ganti menggunakan alternatf lain, seperti gula merah atau gula dan garam.

8. Hindari stress
Jika anda terus berfikir juga tidak baik bagi kesehatan. Salah satu gejala terlalu banyak berfikir adalah stress. Otak yang terlalu banyak berfikir akan merasa tertekan, sehingga terjadilah depresi. Ketika anda stress dan depresi, otak akan sulit untuk berfikir. Maka itu, ada saatnya untuk berfikir dan ada saatnya pula untuk bersantai dan beristirahat. Gunakanlah waktu dengan sebaik-baiknya, jadi jangan sia-siakan waktu ini untuk bermalas-malasan.

10 latihan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak :

1. Latih kemampuan mengamati.
Perhatikan lingkungan sekitar Anda. Rekam dalam pikiran apa yang Anda lihat, mulai dari yang paling sederhana dan diteruskan dengan observasi yang lebih rumit.

2. Asah indra perasa.
Hal ini bisa dilatih dengan membedakan rasa makanan yang disukai dan yang tidak. Menyadari bau dan aroma di sekitar atau bunyi-bunyian yang ada di jalan atau mungkin rasa panas atau dingin udara di sekitar Anda.

3. Hafalkan nama teman-teman dan pasangkan nomor teleponnya.
Ada berapa yang bisa diingat, latih ingatan Anda supaya bisa mengingat lebih banyak.

4. Pelajari sesuatu yang baru.
Banyak membaca dan berkenalan dengan hal- hal lain yang mungkin bukan bidang Anda, bisa bahasa asing, pengetahuan tentang komputer, dan lain-lain.

5. Gunakan tangan Anda supaya mengikuti petunjuk otak.Misalnya bermain gitar, mengetik tanpa melihat tuts, mengerjakan prakarya dari kayu, atau berlatih menulis halus.

6. Pelajari dan hafalkan tanggal-tanggal penting,
menyangkut anggota keluarga, teman, atau perayaan tertentu.

7. Hafalkan sesuatu yang Anda sukai
Bisa jadi itu puisi, lagu, kalimat dari sebuah buku atau kata-kata seseorang. Sebisa mungkin juga usahakan agar kalimat yang digunakan adalah bahasa asing.

8. Latihan menghafal urutan angka berderet panjang, misalnya 32145687390282930498.
Ini adalah bentuk latihan memperbaiki daya ingat jangka pendek. Lakukan dengan mengelompokkan atau memecah bilangan itu menjadi beberapa bagian, misalnya 3214568 kemudian 7390282 dan terakhir 930498.

9. Ingat perjalanan pribadi.
Apa yang sedang Anda kerjakan satu jam lalu, minggu lalu pada hari Senin pukul 08.00, misalnya. Dengan siapa Anda, di mana Anda berada, dan seterusnya.

10. Ingat dan teliti ulang pengeluaran harian.
Apa yang Anda beli kemarin, berapa uang yang ada dalam dompet Anda sekarang atau kapan Anda terakhir mengambil uang tunai, dan seterusnya. Latihan-latihan tersebut akan memungkinkan sel otak tetap aktif dan jaringan penghubung antarsel otak semakin rapat.

Kegiatan mental yang menantang meningkatkan jumlah sirkuit aktif atau sinapsis dalam otak. Semakin banyak sirkuit, semakin banyak asosiasi, makin besar pula kemampuan mengingat.


(Credit : mediaosial2.blogspot.com)

Berikut beberapa makanan yang otak yang bisa meningkatkan daya ingat: 

1. Sayuran 
Kubis, bayam, dan kangkung, yaitu sayuran hijau yang sangat baik untuk perkembangan otak anak serta orang dewasa. Sayuran ini banyak terkandung vitami B6, Bl2, serta asam folat. fungsinya yaitu menguatkan daya ingat serta mengolah info yang sudah dipelajari sebelumnya dgn cepat. Vitamin ini diperlukan otak untuk mencegah demensia yg kerap dimaksud jg penyakit lupa serta Alzheimer. Sayuran hijau juga kaya zat besi yang sgt dibutuhkan oleh badan.  

2. Ikan 
Banyak memakan ikan jadi kalian bakal memperoleh omega 3. serta nyatanya mengonsumsi ikan secara teratur bisa mengurangi kemungkinan terkena penyakit Alzheimer. Mengkonsumsi omega 3 juga bikin suplai oksigen melimpah ke otak. Otak bisa terima informasi baru sekalian mengolah ingatan lama. ikan2 di indonesia yg banyak menganding omega 3 yaitu ikan tuna, tongkol, tenggiri, layang, ikan kembung serta ikan lemuru. Ikan salmon serta ikan haring juga sangat baik, tetapi telah sulit menemukannya. 

3. Telur 
Makin tua manusia otak manusia lebih beresiko mengecil. Hal ini dimaksud juga brain atrophy (kerusakan sel-sel otak). Mengkonsumsi telur dengan teratur bisa kurangi sistem alami ini karena telur memiliki kandungan vitamin B12 serta lesitin. 

Vitamin B12 membantu melawan dampak pengecilan otak yang lazim dihadapi beberapa pasien Alzheimer. Kuning telur yang memiliki kandungan kolin berperan bangun sel otak serta meningkatkan kekuatan mengingat. telur baik dikomsumsi setiap hari loh 

4. Kacang 
Kacang-kacangan serta bij bijian, seperti kacang tanah, kacang mete, kacang kenari, serta biji bunga matahari, kaya omega 3 serta 6, asam folat, vitamin E serta vitamin B6 yang membantu otak memikirkan lebih cepat serta jernih. Omega 3 serta dapat jadi anti depresan alami supaya kita dapat berpikir lebih positif. 

5. Apel 
Buah apel, yang di kenal banyak manfaat, nyatanya berikan efek yg baik untuk otak. Zat quercetin yang terdapat dalam buah apel ternyata dapat menolong melindungi sel otak dari kerusakan disebabkan radikal bebas. Rusaknya otak ini bila tak dihindari dapat menyebabkan resiko terkena penyakit Alzheimer. 

Oleh karna itu sah-sah saja bila kita komsumsi setiap hari. Terkecuali baik untuk otak, apel juga di kenal kaya antioksidan yang baik untuk pertahanan badan. Menurut penelitian oleh lembaga Agriculture and Agri-Food dari Kanada, Apel merah mempunyai kandungan antioksidan paling tinggi di banding warna lain yang lebih pucat. 

6. Jeruk 
Kaya vitamin C, jeruk terkenal mempunyai banyak manfaat untuk badan. Vitamin C yang tinggi pasti jadi pelindung yang baik untuk badan dari beragam penyakit. Tetapi kandungan flavonoids dalam jeruklah yang berguna untuk otak. Sebagai antioksidan, flavonoids dapat melawan efek buruk radikal bebas yang membahayakan otak. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar